8 Tanda Kanker Paru yang Perlu Anda Waspadai

Kebanyakan orang cenderung abai terhadap batuk berkepanjangan yang diderita. Padahal, bisa jadi itu adalah salah satu sinyal awal adanya kanker paru. Akan tetapi, selain batuk, ada banyak tanda yang perlu Anda waspadai sebagai gejala kanker paru.
Kanker paru tidak bisa dianggap sepele. Menurut American Cancer Society, saat ini lebih banyak orang meninggal akibat kanker paru daripada kanker usus besar, payudara, atau kanker prostat. Meski perokok memiliki risiko terbesar, sebanyak 10 – 15 persen orang dengan kanker paru tidak pernah merokok. Kasus ini pula yang terjadi pada Sutopo Purwo Nugroho. Kepala Badan Informasi dan Humas BNPB tersebut “mendadak” didiagnosis mengidap kanker paru stadium 4B, padahal ia tidak merokok dan memiliki pola hidup yang terbilang sehat.
Pada tahap awal, kanker paru memang tidak memiliki tanda spesifik yang membuatnya kadang sulit untuk disembuhkan. Itulah sebabnya, skrining sangat penting untuk orang-orang yang berisiko tinggi. Perokok dan mantan perokok, misalnya, harus mendapatkan pemeriksaan tahunan pada fase usia 55 sampai 80 tahun. Akan tetapi, kanker yang sudah telanjur berkembang dan gejalanya muncul akan sulit untuk dimusnahkan.
Namun, ada baiknya Anda semua mengetahui tanda kanker paru. Jika menemukan salah satu di gejala bawah ini pada tubuh Anda, segera periksakan diri ke dokter. Berikut tanda kanker paru yang perlu diwaspadai.

kanker paru
kanker paru

1. Perubahan batuk untuk sementara waktu
Batuk yang tidak hilang bisa menjadi salah satu tanda kanker paru-paru. Begitu juga batuk yang berubah-ubah. Jika Anda mulai batuk darah atau dahak berwarna seperti karat, temui dokter Anda segera. Tanda peringatan lain menurut Todd Weiser, MD, seorang kepala bedah toraks di White Plains Hospital di New York adalah nyeri di satu sisi dada Anda atau disebut nyeri dada unilateral, sebagai lawan dari nyeri dada umum yang terkait dengan serangan jantung.
2. Penurunan berat badan yang tidak disengaja
Carsten Schroeder, MD, ahli bedah toraks di Pusat Kanker Georgia, menjelaskan, “Kehilangan sekitar 4,5 kilogram atau lebih dalam waktu tiga bulan tanpa disengaja dapat menandakan banyak jenis kanker, termasuk kanker paru-paru.” Hilangnya nafsu makan dapat memicu penurunan berat badan atau tumor yang dapat mengganggu metabolisme tubuh.
3. Suara serak
Dilansir situs 828BET ada banyak alasan Anda bisa mengalami tenggorokan serak, mulai dari infeksi hingga karena sering berteriak. “Akan tetapi, jika suara Anda tidak kembali setelah satu atau dua minggu, itu harus dilihat oleh dokter telinga, hidung, dan tenggorokan,” kata Dr. Schroeder.
4. Sesak napas
Jika Anda mengalami kesulitan bernapas setelah beraktivitas, segeralah temui dokter Anda karena itu adalah salah satu tanda kanker paru-paru. “Beberapa kanker yang mulai di paru-paru menyebar ke bagian dalam tulang rusuk. Tumor kemudian mengeluarkan banyak cairan yang terdorong dan dapat membahayakan kemampuan pasien untuk bernapas,” Dr Weiser menjelaskan.
5. Merasa haus ekstrem dan sering buang air kecil
Dr. Weiser menjelaskan bahwa dalam kasus yang jarang terjadi, tumor di paru-paru dapat mengeluarkan zat yang menghasilkan tingkat kalsium yang tinggi dalam darah. Hal ini dapat membuat Anda merasa sangat haus dan menyebabkan Anda buang air kecil lebih sering. Jika Anda mendapati diri Anda minum lebih banyak dari biasanya, perhatikan baik-baik karena itu bisa jadi salah satu tanda kanker paru-paru.
6. Pipi dan leher bengkak
Tumor di paru-paru dapat mengeluarkan hormon yang menyebabkan pasien terlihat seolah-olah mereka telah menggunakan steroid, meski kasus ini jarang terjadi. Tanda-tanda itu mencakup penambahan berat badan, timbunan lemak di bagian atas punggung, dan pembengkakan wajah yang kadang-kadang disebut sebagai “wajah bulan”. Dr. Weiser mengatakan, “Jika Anda mampu mengangkat tumor, semua gejala itu hilang.”
7. Bermasalah dalam bicara
Ketika tumor menyebar dari paru ke otak, pasien dapat mengalami kejang dan masalah bicara. “Beberapa pasien yang didiagnosis dengan kanker paru-paru mengalami gejala seperti itu. Kanker paru-paru tidak terdeteksi sampai gejala neurologis muncul,” ujar Dr. Weiser.
8. Ujung jari membengkak
Gejala ini bisa menjadi salah satu tanda kanker paru. Ujung jari tangan atau kaki Anda dapat membesar. Anda mungkin melihat perubahan sudut dimana kuku muncul. “Beberapa pasien akan mengalami kelengkungan kuku, meskipun ini jarang terjadi,” kata Dr. Weiser.
Pentingnya deteksi dini kanker paru
Kebanyakan penderita kanker paru- memang tidak mengalami gejala-gejala pada tahap-tahap awal. Oleh karena itu, Dr. Schroeder dan Dr. Weiser berpendapat bahwa mereka yang berisiko tinggi penting untuk mendapatkan CT scan dada setiap tahun dimulai pada usia 55 tahun.
“Ukuran tumor penting. Jika Anda dapat mendeteksi tumor ketika ukurannya masih sangat kecil dan dokter bisa campur tangan lebih awal, kesempatan untuk bertahan hidup meningkat pesat,” kata Dr. Schroeder.
Nah, tanda-tanda di atas adalah sebagian kecil tanda kanker paru. Jika Anda merasakan seperti yang disebutkan di atas, segera ke dokter dan lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap paru-paru Anda, supaya mendapat penanganan tepat dan cepat.